Macam-macam jenis jaringan (Network Types)

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Local Area Network atau yang biasa dikenal dengan sebutan LAN bukan?.. Apabila Anda bekerja di sebuah tempat dengan komputer yang saling terhubung, maka bisa dipastikan bahwa Anda sudah bersentuhan langsung dengan LAN.

LAN pada dasarnya adalah satu dari sekian macam jenis jaringan komputer; yang membedakan LAN dengan jenis jaringan lainnya adalah lingkup area yang membatasi perangkat-perangkat untuk saling terhubung. Lingkup area itulah yang juga membedakan jenis jaringan yang satu dengan lainnya.

Ingin tahu apa saja jenis-jenis jaringan itu dan lingkup area seperti apa yang membedakannya ?.. inilah dia:

  1. Local Area Network – LAN; Namanya saja lokal, sudah bisa ditebak kalau LAN menghubungkan antar perangkat dalam lingkup area yang terbatas; misalnya dalam bangunan kantor, dalam gedung sekolahan, atau dalam rumah kita. Dalam hal pengelolaan LAN, Umumnya dilakukan oleh seseorang yang ditugasi sebagai administrator LAN.
  2. Wireless Local Area Network -WLAN; Ini sebenarnya LAN juga, tapi koneksi antar perangkatnya tanpa menggunakan kabel (Wireless).
  3. Campus Area Network; Menghubungkan perangkat di suatu gedung dengan perangkat di gedung yang lain, tetapi masih dalam lingkup area yang terbatas seperti dalam area kampus/universitas. CAN lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil lingkupnya dibandingkan MAN
  4. Metropolitan Area Network – MAN; Dari namanya, Metropolitan, MAN merupakan suatu bentuk LAN yang menghubungkan antar perangkat dalam gedung yang berbeda dan masih dalam satu kota. Jadi, bisa dikatakan area MAN itu lebih besar dibandingkan LAN dan CAN, tetapi lebih kecil dibandingkan WAN.
  5. Wide Area Network – WAN; Sesuai dengan namanya, Wide, maka WAN pada dasarnya menghubungkan banyak LAN yang tersebar di banyak tempat. Biasanya digunakan oleh organisasi/perusahaan yang saling terhubung dengan kantor-kantor cabangnya, baik di dalam kota ataupun di luar kota.
  6. Storage Area Network – SAN; Menghubungkan server-server ke suatu tempat penyimpanan data (Data Storage).

Kalau diperhatikan, pada awalnya jenis jaringan itu hanya tergolong ke dalam dua jenis saja yaitu LAN dan WAN; yang lainnya muncul secara bertahap sepanjang evolusi perkembangan teknologi informasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s